rssrss

Rabu, 14 April 2010

Tips Memulai Bisnis Online

Jika jenuh dengan pekerjaan atau ingin menambah penghasilan, tidak ada salahnya jika mencoba bisnis online dengan membuka toko online (Website). Murah, mudah, cepat adalh kelebihan dalam bisnis online.
Dengan peningkatan jumlah masyarakat yang "melek" internet meningkat, peluang bisnis online semakin besar. Media pembelajaran online marketing, e-book, kursus maupun seminar tentang pemasaran lewat internetpun semakin mudah didapat.
Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menjalankan bisnis online, berikut addalh trik untuk memulai bisnis online.

1. Pilih jenis usaha online
Misalnya usaha sendiri atau reseller (menjual kembali), bidang usahanya bisa penjualan pernak-pernik, makanan, pakaian, buku dan sebagainya. jangan lupa memberikan garansi terhadap produk untuk meraih kepercayaan konsumen. kepercayaan pelanggan adalah kunci utama keberhasilan bisnis online.

2. Alokasikan waktu untuk menangani toko online
Bagi orang kantoran, bisnis ini bisa dikerjakan dimalam hari agar tidak mengganggu waktu kerja.

3. Rencanakan dengan matang tentang ruang kerja, keuangan, bahan baku, tenaga kerja, produksi dan pemasaran.

4. Berikan citra yang profesional
Misalnya dengan membuat website yang menarik, tampilkan alamat jelas, nomor kontak dan photo-photo produk yang ditawarkan, buatlah rekening bank tersendiri dan no telepon khusus untuk toko online

5. Selain website, bergabunglah dalam situs jejaring sosial
Hal ini akan mendukung dalam upaya promosi dan pemasaran

6. Mintalah dukungan dan bantuan dari keluarga, baik pasangan, anak, orang tua, maupun saudara.

7. Sebaiknya website terindeks di search engine (Yahoo, Google dan lain-lain) dan mudah ditemukan, bagi pemula, pemakaian blog lebih cocok, Blog juga bisa menjadi pendukung website.

8. Bermitralah dengan jasa pengiriman terpercaya.

9. Jujur, tekun, berdo'a dan terus belajar.
Pengetahuan tentang bisnis online perlu diasah, misalnya tentang internet marketing dan dasar-dasar membuat web atau blog.

Agar bisnis online lancar, sebaiknya anda melakukan komunikasi kesinambungan dengan pelanggan, gunakan sistem pembayaran bisnis online dengan uang muka (down payment/DP), setelah itu pelunasan pembayaran bisa dilakukan setelah barang diterima pembeli.

Perlu diingat, bisnis online ini merupakan usaha sampingan, sebaiknya jangan menomorduakan pekerjaan utama, kecuali jika ingin terjun total dalam bisnis online.

Trims's . . .

Kembali Ke Beranda Blog

2 komentar:

Nikmaya John on 7 Maret 2011 22.57 mengatakan...

Benar brow,,, Bisnis Online bisa memberikan penghasilan tambahan buat kita,,, Kuncinya adalah kesabaran dan ketekunan,,,saya sendiri menjadikan bisnis online juga sebagai sampingan,,,, alau suatu saat memang saya sudah benar-benar siap, mungkin saya berencana terjun total di bisnis online ini....

Azay on 3 Agustus 2011 15.46 mengatakan...

ane sedang menuju kearah sana gan, lagi kejar traffic and rangking dolo, d perkirakan 2-3 bln lagi lah mulai optimasi.
thanks info nya sangat membantu


Posting Komentar

 
Terima kasih atas kunjungannya

Pengunjung Blog

Pengikut